Salah satu upaya pemasaran yang juga kerap menjadi andalan dalam strategi inbound marketing adalah portal konten; atau biasa juga dikenal sebagai blogging.

Bukan hanya sekedar mengelola dan menerbitkan berbagai konten, tapi portal tersebut memang didesain untuk membantu mencapai tujuan pemasaran, yang dalam dunia pemasaran digital disebut juga business blogging.

Pengertian business blogging


Business blogging adalah salah satu strategi pemasaran dengan mengoptimalkan blog untuk membuat bisnis, produk, atau layanan Kita eksis di internet.

Kenapa eksistensi itu begitu penting? Jawabannya, agar bisnis, produk, atau layanan yang Kita tawarkan ke market yang disasar lebih mudah ditemukan, baik melalui mesin pencari, ataupun media sosial.


Konsep blogging adalah dengan berbagi konten yang bermanfaat untuk audiens yang disasar, baik yang tujuannya untuk edukasi, inspirasi, atau sekadar menghibur agar banyak orang yang tertarik mengunjungi, membaca, dan menyebarkan konten yang disajikan di blog atau portal konten yang Kita dikelola.

Lalu, dari portal ini pula Kita bisa mendorong berbagai upaya inbound marketing lainnya, seperti retargeting, membangun interaksi dengan audiens yang lebih baik lagi, hingga tentunya membantu mereka untuk memahami alasan produk atau layanan yang kita tawarkan bisa menjadi solusi atas persoalan yang mereka hadapi sehari-hari.

Mengapa bisnis mesti memiliki blog atau portal konten?


Sebagai strategi pemasaran, berikut ini alasan kenapa sebuah perusahaan perlu memiliki portal konten, sebagai bagian dari strategi inbound marketing:

1.  Membantu menjaring traffic ke situs perusahaan


Banyak perusahaan menginginkan situsnya banyak dikunjungi orang, menelusuri produk atau layanan yang cocok buat mereka, dan akhirnya menjadi pembeli.

Tapi, kemungkinan hanya sekelompok orang saja yang bakal berkunjung, sebagian di antaranya juga mungkin hanya sekadar mencari perbandingan saja. Lalu, bagaimana dengan kelompok yang belum tertarik? Atau bahkan belum mengetahui produk atau layanan yang ditawarkan?

Portal konten bisa menjadi solusinya, karena lewat kegiatan ini, kita bisa menata komposisi konten, tak hanya buat orang yang tertarik saja, tapi bahkan juga buat mereka yang belum mengetahui manfaat dari produk atau layanan kita.

Setiap artikel bisa didesain untuk mendorong situs kita jadi lebih mudah ditemukan di internet, dan akhirnya menjaring arus pengunjung secara organik ke laman situs perusahaan.

Selain itu juga, artikel bisa menjadi amunisi untuk konten di media sosial, sekaligus menjadi alasan audiens yang disasar mengikuti channel media sosial yang dikelola, dan akhirnya bisa membuka peluang lebih besar untuk menarik konsumen baru.

2. Membantu proses konversi dari pengunjung menjadi leads


Selanjutnya, pengunjung yang mampir ke portal konten bisa kita konversi menjadi prospek atau leads.

Terkait hal ini, kita perlu merancang strategi konten yang bisa dikembangkan dari waktu ke waktu, mulai dari konten yang potensial menjaring pengunjung, mempertahankan mereka, hingga yang menggiring mereka untuk secara sukarela menjadi bagian dari komunitas pembaca, dengan cara memberikan detail kontak seperti email atau nomor telepon.

Bentuk call to action nya bisa berbagai macam, tergantung kebutuhan dan resource yang kita miliki. Bisa seperti ajakan untuk berlangganan newsletter, ebook gratis, atau kesempatan mengikuti webinar atau event yang digelar.

Bagian terpentingnya adalah kita mampu untuk membangun konten yang dapat memberikan dorongan yang cukup kuat bagi pegunjung untuk memberikan informasi kontaknya, dan akhirnya menjadi leads yang bisa di follow up.

3. Membantu meningkatkan reputasi brand


Hal ini sebetulnya lebih terkait pada topik yang diangkat di dalam portal konten. Tentunya, sangat direkomendasikan untuk merencanakan strategi konten dari topik yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Topik yang pas dengan kategori bisnis Anda, akan membuat brand Anda mencapai tingkat kepercayaan audiens yang akan memperkuat reputasi brand di kategori bisnis tersebut.

Jika blog ini dikelola secara konsisten dan berkala, secara organik konten-konten di blog ini akan makin mudah ditemukan di search engine, juga media sosial.

Untuk mencapai hal itu, Kita mesti menyajikan konten yang bermanfaat dan bisa menjadi bahan diskusi para praktisi dan klien potensial, sehingga otomatis juga mengukuhkan keberadaan, keahlian, dan pemahaman Kita di bidang terkait.

4. Membantu mendapatkan hasil jangka panjang


Salah satu manfaat dari portal konten adalah kemungkinan memberikan keuntungan jangka panjang.

Maksudnya, informasi dari setiap konten yang dibuat di blog manfaatnya tidak hanya untuk jangka waktu sepekan atau satu bulan, tapi bisa memberikan dampak satu tahun bahkan dua tahun ke depan.

Ilustrasinya begini, bayangkan kita menerbitkan satu artikel hari ini, dan katakanlah kita berhasil menarik 1000 views dalam kurun waktu satu pekan, dengan 50 di antaranya menjadi leads.

Sangat mungkin konten yang sama bakal menarik lebih banyak views bulan depan atau tiga bulan mendatang, dengan konversi leads yang jauh lebih tinggi.


Keuntungan jangka panjang lainnya adalah kemungkinan memperoleh income dari portal konten, terutama jika portal konten tersebut dijalankan terpisah dari situs utama, ibaratnya si portal konten menjadi independent media channel.

Sebagai saluran media, maka portal konten memiliki celah untuk menarik revenue dari ads atau sponsorship content.

5. Lebih efisien dari sisi biaya


Menjalankan portal konten relatif lebih efisien dari sisi biaya, dan juga tidak semahal melakukan promosi lewat iklan atau kegiatan outbound marketing lainnya.

Efisien karena setiap tahapan dan aktivitasnya bisa langsung diukur dan dievaluasi hasilnya dan optimalisasi secara bertahap.

Selain itu juga, hasil pengelolaan portal konten juga bisa kita sambungkan untuk mendukung kegiatan pemasaran lainnya, seperti SEO, pemasaran di media sosial, bahkan untuk penyelenggaraan event secara periodik. Portal konten bisa berfungsi sebagai Front Door berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan.(*)
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: